Thursday , October 28 2021

4 Penyebab Kulit Berminyak yang Harus Anda Ketahui

Bagi seorang yang memperhatikan penampilan pasti sangat terganggu dengan yang namanya kulit berminyak, baik itu laki-laki maupun wanita. Kulit berminyak adalah kondisi ketika kelenjar sebasea pada kulit menghasilkan terlalu banyak sebum.

Sebum sendiri merupakan minyak alami yang memiliki fungsi untuk melapisi kulit dan rambut. Produksi sebum berlebih dapat membuat kulit terlihat mengkilap dan berkilau.

Pada dasarnya, sebum sangat membantu merawat kulit tetap lembap. Namun, minyak yang terlalu banyak justru akan memicu masalah baru, terutama jerawat. Hal ini disebabkan karena kotoran lebih mudah menempel pada kulit hingga akhirnya menyumbat pori.

Masalah lainnya adalah dapat mengakibatkan riasan atau makeup mudah luntur, terutama bagi Anda yang suka berdandan. Jika Anda mengalami hal tersebut, maka Anda harus lebih berhati-hati dalam merawatnya.

Penyebab Kulit Berminyak

Lantas apa saja faktor yang dapat menyebabkan kulit sering berminyak? Berikut ini adalah beberapa penyebab kulit berminyak, sebagaimana yang dilansir dari laman Times of India.

1. Pola Makan

Kulit berminyak dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur. Kulit akan menjadi semakin berminyak jika Anda menerapkan pola makan yang buruk. Maka dari itu, sangat disarankan untuk menghindari makan-makanan yang berlemak, serta junk food.

Alangkah baiknya jika Anda mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan, sehingga kulit Anda akan mendapatkan nutrisi dari makanan tersebut.

2. Kurang Minum Air Putih

Jika kulit Anda sering berminyak, kemungkinan Anda kurang minum air putih, pasalnya jika kekurangan air putih juga bisa menjadi memicu kulit semakin berminyak. Hal ini dikarenakan kurangnya hidrasi yang berasal dari mineral, sehingga jumlah sebumnya semakin meningkat.

Maka dari itu, mulai sekarang Anda harus memperbanyak minum air putih, supaya kulit tetap terhidrasi dan produksi minyak menjadi berkurang.

3. Tidak Menggunakan Pelembab

Meskipun Anda memiliki jenis kulit yang sering berminyak, Anda juga harus tetap memakai moisturizer atau pelembab. Pasalnya kulit berminyak juga sangat memerlukan perawatan ini.

Namun Anda juga harus berhati-hati dalam memilih produk moisturizer, pulihlah yang sesuai dengan jenis kulit yang cenderung berminyak.

4. Salah Pilih Minyak Esensial

Terdapat banyak sekali jenis minyak esensial yang bisa membantu merawat kulit cantik Anda. Akan tetapi bagi Anda yang mempunyai kulit berminyak, harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya.

Bagi Anda yang mempunyai jenis kulit yang cenderung berminyak, maka tidak disarankan memakai esensial yang berbahan dari kelapa. Pasalnya dapat membuat sebum jadi meningkat.