Thursday , October 28 2021

Suara Mesin Motor Bunyi Tek Tek Saat Mesin Panas dan Dingin

Pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan beberapa permasalahan yang terjadi pada mesin motor yang bermasalah dengan mendiagnosa dari asal suara mesin kendaraan anda. Jenis masalah pada motor ada banyak macamnya, salah satunya dapat anda deteksi dari bunyi yang tidak enak yang dikeluarkan pada jenis komponen tertentu.

Jika kendaraan normal maka tidak akan keluar suara bunyi kretek-kretek, tek-tek atau tok-tok sehingga nyaman saat berkendara. Berhati-hatilah jika mesin kendaraan motor bunyi atau muncul suara kletek kletek. Berikut penyebab bunyi “tek-tek ” dan indikasi bunyi lainya yang dikeluarkan oleh motor, simak ulasannya berikut ini.

Suara Mesin Motor Bunyi Tek Tek

Ada banyak penyebab suara mesin motor bunyi “tek-tek”, bagi Anda yang tidak mengetahui otomotif tidak akan menghiraukan hal tersebut. Namun jika Anda paham tentang hari ini harus segera diatasi. Berikut beberapa penyebab kerusakan motor yang dideteksi dari bunyinya.

1. Bunyi Pada Klep

Ketika muncul suara “tek-tek” atau “tuk-tuk” yang ringan pada mesin stasioner dapat dideteksi bahwa kartu kendaraan Anda renggang atau kendor. Fungsi piano klep mesin Anda membentur kepala katup kemudian memberikan sinyal bunyi tek tek atau tutup bertambah keras seiring dengan putaran gas motor yang dibesarkan saat berjalan atau dites.

Penyebab lainnya yang ditimbulkan bisa jadi per katup mesin motor mulai melemah, cara mengatasi kali ini anda pergi ke bengkel resmi atau bengkel untuk menggantinya yang baru atau cukup memberikan pembenahan seperlunya.

2. Rantai Kamprat

Ketika muncul suara tok tok biasanya disebabkan rantai kendaraan motor mulai kendor sehingga bagian komponen mesin lainnya juga ikut kendor.

Cara mengatasi hal ini memperbaiki setelan rantai keteng dengan merenggangkan nya sedikit. Sebab jika rantai kamprat terlalu kencang menyebabkan terjadinya bunyi suling atau dengungan yang bikin tidak nyaman ditelinga.

3. Tensioner rantai sentrik

Fungsi dari kain tension adalah menjaga kekencangan rantai sentrik. Namun jika setelah diservis atau sudah dipakai terlalu lama belum diservis rutin rantai tersebut akan kencang atau kendor. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap proses putaran mesin.

Jika kejadian tersebut terjadi pada motor Anda sebaiknya segera dilakukan perbaikan karena dapat mengganggu kinerja motor sehingga tidak berjalan secara maksimal. Apabila sudah parah sebaiknya Anda mengganti tensioner yang lama dengan yang baru.

4. Piston

Ketika suara bunyi yang dikeluarkan dari ruang bakar bisa jadi gejala ini dapat kita analisa bahwa piston atau ring piston dan yang oblak. Bagi orang awam mungkin sulit untuk mendeteksi hal ini sebab diperlukan keahlian khusus.

Dapat kita deteksi permasalahan ini dengan mengecek motor tersebut saat berjalan. Jika tenaga motor semakin berkurang dan mengeluarkan asap putih dari knalpot maka benar, bagian piston motor mengalami masalah. Cara mengatasinya cukup dengan mengganti piston diganti dengan yang baru.