Thursday , October 28 2021
Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas dan Penyebabnya

Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas dan Penyebabnya

Pernahkan anda mengalami hp dicas tapi tidak mengisi, hp di cas tidak bertambah dan hp tidak bisa di cas dan mati. Memang menyebalkan saat butuh menggunakan alat komunikasi seperti gadget untuk berkomunikasi, namun gadget tersebut mati total walau sudah dicas. Nah, di artikel kali ini anda akan mendiagnosa kenapa hp sudah di cas namun tidak dapat menyala maupun maupun hp di cas namun tidak mengisi batray.

Ketahui beberapa penyebab kenapa batre hp yang tidak bisa dicas dan cara memperbaikinya di kesempatan kali ini. Sebelumnya cek apakah hp anda bertipe batre tanam atau tidak. Kemudian jangan panik dan jangan terburu-buru menghabiskan biaya banyak untuk servis atau membeli HP baru.

Penyebab HP Mati Total

Ada baiknya sebelum membahas cara mengatasi HP mati total tidak bisa dicas, anda membaca artikel ini mengenai penyebab HP bisa mati total dan tidak bisa dinyalakan walau sudah di cas. Biasanya indikasi kerusakan terjadi pada komponen seperti overheat, usia, atau kerusakan fisik, dan kerusakan sistem seperti adanya virus, salah install aplikasi, atau salah perbaikan.

Nah, kenapa HP tiba-tiba mati dan tidak bisa dinyalakan lagi? Untuk mengatasi hal tersebut dan cara memperbaikinya diperlukan beberapa keahlian khusus. Biasanya mati total pada hp terjadi pada hard brick maupun soft brick bisa disebabkan oleh umur HP sudah tua, overheat, bug system, batray habis,baterai HP sudah rusak, IC power HP rusak, konektor baterai rusak, menggunakan charger yang salah dan mungkin terjatuh atau terkena air.

Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas

Cara mengatasi HP Samsung, OPPO, VIVO maupun ASUS yang tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas ini juga bisa untuk ponsel Xiaomi dan iPhone. Sebelum ke tukang servis hp terlebih dahulu tetap kenali apa penyebabnya berikut ini dan bisa diatasi sendiri.

1. Isi Daya Baterai

Penyebab hp mati biasanya HP mati total dan memerlukan dicas sehingga daya baterai terisi. Namun, jika diisi daya ponsel juga tidak merespon bisa jadi kerusakan baik sistem maupun komponen. Silahkan nyalakan tombol power berkali-kali. Tapi jika saat diisi daya ponsel langsung mengalami panas tinggi atau overheat, langsung cabut segera dan jangan dilanjutkan mengisi daya supaya tidak terjadi hal-hal yang membahayakan bagi hp anda.

2. Ganti Baterai

Jika hp anda tidak bertipe batre tanam silahkan mencoba untuk melepas baterai ponselmu dan menggantinya dengan baterai yang baru dan pastikan baterai tersebut asli atau orisinil dalam kondisi baik. Anda bisa juga mencoba untuk memastikan kondisinya bisa mencoba menggunakan baterai HP orang lain yang sesuai dengan tipa batre hp anda.

3,. Flashing HP Android

Flashing adalah memang hanya bisa dilakukan oleh ahlinya, namun jika anda mempunyai alat-alat dan software secara langkap bisa juga melakukanya sendiri. Tujuan untuk mengganti sistem Android yang rusak atau sudah lama dengan sistem yang masih normal atau sistem yang terbaru.

4. Wiping Data, Cache, dan Recovery

Cara selanjutnya yakni masuk ke dalam recovery mode. Recovery mode merupakan fitur pada ponsel Android yang memungkinkan pengguna memakai ponsel untuk masuk ke menu Android supaya bisa menghapus data dan cache.

Cara masuk dan mengakses recovery mode :

  1. Tekan tombol power dan volume down secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik. Perlu diketahui bahwa kombinasi tombol ini berbeda-beda di setiap merek ponsel, untuk kombinasi ini adalah yang paling sering digunakan
  2. Setelah itu ponsel akan bergetar dan masuk ke Recovery Mode
  3. Pilih menu Wipe
  4. Kemudian pilih Wipe Data dan Wipe Cache untuk membersihkan semua data dan file sampah di dalamnya
  5. Tunggu proses sampai selesai
  6. Setelah selesai, matikan ponsel melalui mode Recovery
  7. Lalu coba nyalakan ponselmu kembali